Posted in Fiksi Fantasi, Film

Sejumput Ingatan Dari Rise Of The Planet Of The Apes (1)

Sudahkah Anda menonton film Rise Of The Planet Of The Apes? Artikel yang Saya tulis ini, dihadirkan untuk menjadi jembatan koneksi segala mozaik dari film Rise Of The Planet Of The Apes dengan sejumput memori. Sejumput memori dari Saya, dan mungkin juga anda.

>> Tokoh-tokoh akrab di ingatan

Tom Felton, James Franco, Freida Pinto, Andy Serkis, merupakan deretan nama yang turut memberi nyawa pada film Rise Of The Planet Of The Apes. Melihat mereka dalam film yang dirilis pada bulan September ini, tidak lantas memutus koneksi ingatan dengan peran mereka di film terdahulu. Tom Felton, selama 8 film dari epik Harry Potter berperan menjadi Draco Malfoy. Felton dalam Rise Of The Planet Of The Apes berperan sebagai Dodge Landon, seorang penjaga dari tempat penampungan kera-kera liar. Sosok antagonis tampaknya masih setia dengan Tom Felton. Salam Sectumsempra (hanya bercanda Tom. Bahkan kata Tom mengingatkan Saya pada Tom Bombadil dan Tom Marvollo Riddle).

Berikutnya ialah James Franco. James Franco berperan sebagai Will Rodman, seorang ilmuwan yang berusaha mengembangkan penemuan baru. Will dengan serum 112-nya berhasil meningkatkan kecerdasan kera (Caesar dan ibunya), serta mengatasi penyakit alzheimer (meski kemudian belum ampuh 100% dan memerlukan pengembangan konsep). Jika di tiga film Spiderman, James Franco menjadi peran pembantu utama, kali ini Franco menempati posisi sebagai pemeran utama. Kematangan peran, sisi manusiawi, berhasil diperankan oleh Franco (meski tidak hingga akhir film). Franco dalam film Spiderman menjadi Harry Osborn dan new goblin, sobat dan sempat menjadi rival dari Spiderman. Melihat Franco sebagai Will Rodman tidak lantas menghapus segala karakter kuat yang diperankan sebelumnya dalam tiga seri film Spiderman. Dan Damai di bumi untuk Harry Osborn atau new goblin.

Freida Pinto berperan sebagai Caroline Aranha, sosok dokter hewan yang juga merupakan kekasih dari Will. Melihat Freida Pinto mengingatkan Saya ketika dia berperan dalam film Slumdog Millionaire. Yap, film yang kaya inspirasi dan mengingatkan saya dengan Tantowi Yahya (Saya harap anda tidak mengartikan kalimat ini sebagai kampanye Gubernur DKI).

Terakhir, ialah Andy Serkis yang berperan sebagai Caesar. Caesar merupakan tokoh kera yang mendapat warisan genetik serum 112, sehingga menjadikannya begitu cerdas. Caesar yang diperankan oleh Andi Serkis, menurut saya merupakan bintang dari seluruh karakter yang ada dalam film Rise Of The Planet Of The Apes . Tampil sebagai makhluk, menggunakan teknologi digital tingkat tinggi, bukan sesuatu yang baru dari Andy Serkis. Sebelumnya Andy Serkis dengan antologi, cum laude, sukses memerankan Gollum dalam serial film The Lord of the Rings.

Pertanyaannya ketika usai menonton film Rise Of The Planet Of The Apes, apakah Anda akan mengingat keempat bintang film tersebut sebagai karakter dari film Rise Of The Planet Of The Apes atau tetap mengingatnya dengan kuat sebagai karakter dalam film mereka terdahulu? Parameter yang menurut hemat Saya, mengindikasikan keberhasilan atau kegagalan dari film Rise Of The Planet Of The Apes dari segi pendalaman karakter.

Kalfa (Kaldera Fantasi) ialah komunitas pecinta fiksi fantasi. Hadir juga di http://www.facebook.com/groups/kalfa

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s