Posted in Sepakbola

Rooney Multiple Choice (2)

Rooney merupakan pemain extra ordinary. Tak dapat dipungkiri kehadiran dari pemain bintang penting kiranya bagi sebuah tim. Pemain bintang merupakan inspirasi, pemecah kebuntuan, pembeda bagi sebuah tim. Wayne Rooney merupakan bintang dari Manchester United saat ini. Pasca hijrahnya Cristiano Ronaldo, beban dari Rooney bertambah untuk menopang kemampuan Manchester United mengarungi berbagai level kompetisi. Sepanjang musim 2009-2010, Rooney menjadi figur sentral dari upaya United bertahan pasca ditinggalkan mega bintangnya Criatiano Ronaldo.

Lihat saja bagaimana begitu deterministiknya United pada musim 2009-2010 akan kehadiran Rooney. Hingga perempat final liga Champions melawan Bayern Muenchen, Rooney yang didera cedera seperti dipaksakan untuk tampil. Sampai saat ini United masih amat membutuhkan Rooney. Rooney bukan sekedar striker yang rajin menjelajah, namun spirit dan semangatnya dibutuhkan untuk mengangkat tim.

Rooney juga piawai bermain di berbagai posisi. Sebut saja pada beberapa kesempatan, dirinya ditempatkan sebagai winger. Hal ini dapat dilihat dalam kiprah Manchester United di liga Champions musim 2007-2008, dimana Sir Alex terkadang menempatkan Rooney di posisi winger, sedangkan posisi striker tunggal diserahkan kepada Cristiano Ronaldo. Rooney dalam beberapa pertandingan juga bahkan dengan sigap berada di lini pertahanan, bagaikan seorang bek yang dengan terampil menyapu serangan lawan. Kemampuan istimewa multi posisi inilah yang membuat Sir Alex mengabulkan kenaikan gaji Rooney pada musim kemarin.

Penempatan Rooney di posisi gelandang tengah, tak bisa dilepaskan dari kejeniusan Alex Ferguson yang memegang Manchester United sejak 6 November 1986 ini. Di tangan dingin pria berusia 69 tahun ini, skuat Manchester United diplot untuk dapat mengisi multi posisi. Ada beberapa alasan tentu saja yang menjadi penyebabnya. Ketatnya pertandingan di berbagai level kompetisi (Liga Inggris, Piala Fa, Carling Cup, Liga Champions); strategi mengejutkan lawan; badai cedera; merupakan rangkaian sebab yang dapat menjelaskan. Di tangan Fergie, anak asuhnya dapat menempati berbagai posisi. Sebut saja Giggs yang berposisi asli sebagai winger; dapat dimainkan sebagai gelandang tengah, bek sayap; Antonio Valencia yang berposisi asli sebagai winger; dapat dimainkan sebagai bek sayap; Fletcher yang berposisi asli sebagai gelandang tengah; dapat dimainkan sebagai bek sayap; dan masih banyak contoh lainnya.

Dengan kata lain penempatan Rooney di posisi di luar habitatnya, merupakan bagian dari skema besar Ferguson dalam meracik timnya mengarungi berbagai level kompetisi. Ferguson berupaya mengoptimalkan potensi dan kemampuan dari anak asuhnya dengan menggeser dan menempatkannya di berbagai posisi. Dalam hal ini menurut hemat Saya, menempati berbagai ragam posisi akan memperkaya khazanah dari sang pemain. Saya sendiri ketika bermain bola, pernah mencoba semua posisi di permainan sepakbola. Saya pernah menjadi kiper, bek, gelandang dan striker. Mencoba segala posisi akan membuat lebih aware pada permainan tim secara keseluruhan. Keseluruhan bagian merupakan kesatuan dan harus saling menopang demi mencapai tujuan kemenangan.

Menanggapi penempatan Rooney sebagai gelandang, Fergie memuji penampilan Rooney yang menawan meski tampil di luar posisi aslinya. Sedangkan Rooney menanggapi penempatan posisinya dengan menyerahkan keputusan pada Ferguson. “Jika pelatih ingin saya bermain di sana, tak akan menjadi masalah bagi saya,” jelas pemain bernomor punggung sepuluh itu (Republika, Jum’at, 4 November 2011). Rooney juga menambahkan bahwa, “Saya sering bermain di posisi itu (gelandang) saat masih jadi pemain muda” (Kompas, Jum’at, 4 November 2011).

Penampilan impresif dari Wayne Rooney ini tak luput dari radar pengamatan Capello yang hadir langsung di Old Trafford ketika United menghadapi Otelul Galati. Hukuman tak boleh tampil akibat kartu merah di laga terakhir kualifikasi akan membuat Rooney absen di fase grup piala Eropa. Namun menyimak peran krusial Rooney, rasanya Capello harusnya menyertakan pemain yang mengawali kariernya di klub Everton ini ke ajang Piala Eropa. Sedangkan bagi Manchester United, penampilan impresif Rooney sebagai gelandang tengah dapat menjadi alternatif strategi.

Kemungkinan Ferguson akan kembali menempatkan Rooney di habitat aslinya sebagai striker begitu stok gelandang United kembali pulih dari cedera. Cleverley, Fletcher, Carrick yang didera cedera menjadikan Fergie memutar strategi dengan menempatkan Rooney sebagai gelandang. Ketika salah satu dari ketiga nama tersebut kembali, besar kemungkinan Fergie akan menempatkan Rooney sebagai predator di lini depan. Harus diakui lini depan Manchester United musim ini dihuni oleh banyak pemain. Selain Rooney, ada Chicharito, Welbeck, Berbatov, Owen, Macheda, Diouf.

Menurut hemat Saya, penampilan dari Chicharito dan Welbeck begitu baik sejauh ini pada musim yang berjalan. Opsi menempatkan Rooney sebagai gelandang dan menempatkan duet Chicharito-Welbeck di lini depan menurut hemat Saya cukup menarik untuk suatu waktu diterapkan dalam pertandingan. Kecepatan dan ketajaman akan tertemui pada aliansi Rooney-Chicharito-Welbeck. Jangan lupa United sempat memiliki holy trinity pada sosok Cristiano Ronaldo-Rooney-Tevez, ketika United berhasil mengawinkan gelar Liga Inggris dan Liga Champions pada 2008.

Wayne Rooney dengan talenta dan kompetensi membawa Ferguson pada sebuah multiple choice- Akan ditempatkan pada posisi apa Rooney dalam satu pertandingan? Hal ini dapat terjelaskan dengan melihat lawan yang akan dihadapi, skuat Manchester United kontemporer, serta pilihan strategi. Selamat memilih Sir Alex, dan sebagai penikmat sepakbola kita dapat menikmati racikan dari si jenius yang telah mengantarkan United menjadi tim peraih trofi terbanyak Liga Inggris.

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s