Posted in Kertas 60

Hari Kesembilan Belas (19) – Menulis dan Kesehatan

Menulis dengan konsisten pada tataran realitas bukanlah hal yang mudah untuk dilaksanakan. Ada-ada saja halauan yang menyertainya. Salah satunya ialah penyakit. Belakangan ini tubuh saya melemah karena batuk dan flu. Dan itu benar-benar mengganggu sehingga terjadi daya penurunan halaman yang bisa saya hasilkan dalam satu hari. Menulis dan kesehatan ternyata merupakan variabel yang dapat berada dalam suatu domain. Ketika tubuh tidak dalam kondisi fit dapat mempengaruhi daya jangkau tulisan, ketajaman kata, dan selera untuk menulis. Meski tentu saja pendapat tersebut dapat bersifat relatif.

Habibie yang menghadapi kenyataan bahwa belahan jiwanya Ainun meninggal dunia menempuh metode menulis untuk menjaga agar tidak terjadi goncangan jiwa dalam diri Presiden RI ke-3 ini. Kesedihan kehilangan dapat menjadi black hole yang dapat mendatangkan multi penyakit dari si jenius yang pernah mengenyam pendidikan di Jerman ini. Maka Habibie pun menulis tentang kisah roman dan lika-liku rasa bersama dengan yang tercinta:Ainun. Menulis ternyata dapat menyembuhkan. Saya percaya betul dengan konsep menulis dapat menyembuhkan, karena saya sendiri menjadi sosok orang pertama yang pernah mencobanya. Dengan menulis segala yang tidak terucap, beban dalam pikiran, luka, kenangan, konsep, dapat dituangkan dan diabadikan. Ada cawan yang mengalirkan lini letupan dari pikiran dan jiwa.

Menulis adalah sebuah seni. Seberapa setia dirimu. Akan menulis ketika sehat dan sakit. Akan menulis ketika senang dan duka. Akan menulis ketika waktu lapang dan sempit. Seni kehidupan di sela dinamika waktu.

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s