Posted in Anime, Buku, Essai, Fiksi Fantasi, Komik

Bintang Sepak Bola Dunia di Komik Tsubasa

Piala Dunia antar klub yang berlangsung di Jepang memanggil memori seorang Fernando Torres akan ingatan masa kecilnya. Torres yang memiliki nama julukan El Nino merupakan penggemar dari anime Tsubasa semenjak dirinya berumur enam tahun. Di Spanyol, anime Tsubasa memiliki titel Oliver Benji. Saat mulai berlatih di Parguet 1984, pengaruh besar Tsubasa mengubah jalan karier Torres untuk selamanya. Awalnya, Torres bermain sebagai penjaga gawang. Namun, dua tahun menjalani pendidikan di Praque 1984, tepatnya saat memasuki usia tujuh tahun, ia berubah pikiran. Ia beralih menjadi penyerang.

Pengaruh dari terus menerus menonton Tsubasa membuat Torres kecil menetapkan pilihan sebagai striker. Sebuah pilihan yang di kemudian hari mengantarkannya sebagai salah seorang predator nomor wahid. Terbukti dengan kiprahnya yang turut membawa Spanyol menjadi juara Piala Eropa tahun 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Siapa gerangan pria di balik layar dari serial Tsubasa? Yoichi Takahashi merupakan sosok pencipta komik Captain Tsubasa. Sejumlah nama beken dalam dunia sepak bola nyata turut mewarnai komik dari Takahashi. Meski disamarkan namanya, namun secara jeli, kemiripan nama dan klub yang ia bela membuat pembaca mafhum bahwa Takahashi mengilhami karyanya dari dunia sepakbola nyata. Berikut daftar-daftar pemainnya. Dalam penyusunan artikel kali ini saya harus mencantumkan referensi tulisan yakni berasal dari koran Republika edisi Sabtu, 15 Desember 2012 halaman 17.

tsubasa 1

Real Madrid

1. Callusias – Iker Cassilas
Penjaga gawang timnas Spanyol yang bermain untuk Real Madrid ini merupakan tembok terakhir yang kokoh. Cassilas merupakan produk binaan dari akademi sepak bola Real Madrid. Ia merupakan kapten dari timnas Spanyol di Piala Eropa 2008, 2012 dan Piala Dunia 2010.

2. Fago – Luis Figo
Saat ia bermain untuk Real Madrid, banyak penggemar Barcelona yang menyebutnya sebagai pengkhianat. Figo merupakan salah satu pemain yang tergabung dalam Los Galacticos yang dibentuk di era kepemimpinan Florentino Perez.

3. Roberto Carolus – Roberto Carlos
Ia merupakan bek kiri yang juga memiliki naluri serang luar biasa. Aktif overlapping dan cepat kembali meng-cover pertahanan merupakan kelebihan dari pemain plontos ini. Jangan lupakan pula tendangan bebasnya yang membuat jeri kiper lawan.

4. Rali – Raul Gonzales
Ia adalah ikon kebanggaan Real Madrid. Raul tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Champions. Raul, si kidal bernomor punggung tujuh ini merupakan striker asli Spanyol yang turut mengantarkan Real Madrid meraih trofi Liga Champions di tahun 1998, 2000, 2002.

Barcelona

1. Rivaul – Rivaldo
Pesepakbola Brasil peraih gelar Pemain Terbaik Dunia Fifa, Ballon d’or, dan Pemain Terbaik Eropa pada 1999. Teknik tinggi, determinasi, umpan akurat, serta finishing berkelas menjadi kelebihan dari pemain yang turut mengantarkan Brasil meraih gelar Piala Dunia yang kelima pada tahun 2002.

2. Valtes – Victor Valdes
Di timnas Spanyol Valdes boleh saja berada di bawah bayang-bayang Casillas. Namun di Barcelona, sosok Valdes adalah pilihan nomor satu dalam menjaga gawang tim Catalan ini.

3. Payol – Carles Puyol
Kokoh dalam bertahan, piawai dalam duel udara merupakan kelebihan dari pemain berambut kribo ini. Dirinya merupakan sosok tangguh di lini pertahanan yang menjamin stabilitas dari gempuran serangan rival.

4. Neto’o – Samuel Eto’o
Laga Final Liga Champions tahun 2006 dan 2009 menjadi panggung kebolehan dari pemain asal Kamerun ini. Predator di depan gawang yang cerdik dan memiliki killing insting mumpuni.

5. Xavii – Xavi Hernandes
Gelandang kreatif yang berperan besar dalam skema tiki taka yang berjalan apik di Barcelona dan timnas Spanyol. Akurasi umpannya benar-benar memanjakan rekan satu timnya untuk mengkonversi menjadi gol.

tsubasa 3

Parma

1. Buhon – Gianluigi Buffon
Sosok tak tergantikan di bawah mistar timnas Italia. Turut membawa negeri spaghetti merengkuh gelar Piala Dunia pada tahun 2006. Ketenangan, penyelamatan ‘edan’ merupakan kelebihan dari kiper yang kini membela Juventus ini.

2. Cannavaru- Fabio Cannavaro
Satu-satunya defender yang pernah mendapat gelar pemain terbaik dunia versi Fifa. Kapten timnas Italia di Piala Dunia 2006 ini merupakan sosok liat, gigih, dan taktis mematikan pergerakan striker lawan.

3. Thoram – Lilian Thuram
Turut mengantarkan Perancis merengkuh trofi Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 ini merupakan sosok yang lugas dalam menghentikan pergerakan lawan.

tsubasa 2

Juventus

1. Zedane – Zinedine Zidane
Ia adalah arsitek kreativitas dari permainan Perancis yang membawa negerinya mencicipi kejayaan di tahun 1998 dan 2000. Dua tandukannya di Piala Dunia 1998 membawa negerinya untuk pertama kalinya merayakan gelar juara dunia. Tandukan pula yang merupakan aksi perpisahan dari pemain ini pada gelaran Piala Dunia 2006. Maestro sepakbola yang pernah mengenakan nomor punggung 21, 5, dan 10 ini merupakan sumbu kreativitas bagi Juventus, Real Madrid, dan timnas Perancis.

2. Alesandro Delpi – Alesandro Del Piero
Awal kemunculannya secara reguler di tim utama Juventus berhasil menyingkirkan Roberto Baggio yang telah mantap sebagai striker handal di Piala Dunia 1994. Teknik tinggi, sepakan akurat free kick, umpan yang memanjakan, partner yang menguatkan dengan ragam striker di Juventus, merupakan nilai lebih dari Del Piero.

3. Fillipo Inzars – Fillipo Inzaghi
Duetnya bersama Del Piero menghasilkan kolaborasi yang menakutkan di Serie A dan Liga Champions. Del-Pippo merupakan julukan dari duet gahar tersebut. Inzaghi sendiri merupakan finisher cerdik yang memiliki speed, intelegensi, dan positioning numero uno.

{fin}

Kalfa (Kaldera Fantasi) merupakan komunitas dengan titik fokus pada fiksi fantasi. Ada beberapa distrik yang kami coba jelajahi yakni: Buku-Film-Games-Japan/Anime-Komik.

Hadir juga di http://www.facebook.com/groups/kalfa

Author:

Suka menulis dan membaca

3 thoughts on “Bintang Sepak Bola Dunia di Komik Tsubasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s