Posted in Edukasi, Essai, Sosial Budaya

Tulisan yang ‘Dipaksakan’

Konsistensi memiliki nilai tersendiri. Pun begitu dengan menulis. Menulis setiap hari merupakan bagian dari konsistensi. Menulis ibarat otot yang harus terus menerus dilatih. Maka dengan menulis setiap hari akan melatih ‘otot’ tersebut secara rutin dan berkesinambungan. Menulis merupakan kemampuan yang harus terus menerus diasah. Maka mengasahnya dengan terus menerus menulis secara rutin dan berkala. Menulis secara rutin akan menghasilkan ritme kinerja. Membentuk jam biologis tersendiri dalam tubuh.

Berbahagialah mereka yang rutin menulis setiap hari. Maka mereka sedang menyusun keabadian. Menulis saja dalam keadaan apapun. Dalam keadaan senang ataupun sedih, teruslah menulis. Itu akan membentuk pola diri untuk mampu berkarya sekalipun turbulensi emosi terjadi. Menulis menurut hemat saya memang terkadang harus dipaksakan. Sekalipun mood dan keadaan sedang tidak enak, tetaplah menulis. Bisa jadi dengan menulis akan memperbaiki mood. Atau kalapun nanti hasil tulisannya berantakan, toh bisa diedit. Dan menurut hemat saya menulis tulisan yang kurang elok lebih baik dibandingkan tidak menulis sama sekali. Dengan tetap menulis, maka akan tetap memelihara daya hidup dan daya kerja.

Menulis tiap hari akan menimbulkan daya gali dari potensi dalam diri. Ingatan, memori, pengetahuan akan dipacu untuk menghasilkan karya. Dan mungkin Anda akan terkagetkan sendiri dengan luasnya bentangan tema yang bisa dijelajahi. Saya sendiri memandang tulisan bukan sekadar komoditi, ataupun pengetahuan yang seolah-olah hak prerogatif diri. Melalui tulisan maka kita dapat berbagi dunia dan memberi pengetahuan.

Membiasakan menulis setiap hari akan membentuk life style. Saya pikir akan positif adanya bagi tumbuh kembang pendidikan di negeri ini. Di tengah daya baca dan daya tulis yang secara akumulatif tidak menggembirakan. Dengan Anda rutin menulis, maka Anda dapat menjadi agen perbaikan dalam kerontang daya baca dan daya tulis. Apa yang bisa ditulis setiap hari? Saya pikir dengan luberan informasi dan kemajuan teknologi amat memungkinkan Anda untuk menjelajah menuliskan rupa-rupa. Tinggal pertanyaan besarnya, maukah dan bertindakkah Anda untuk menulis setiap hari?

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s