Posted in Essai, Fiksi Fantasi, Film

Bahagia Bersama The Smurfs

Baiklah film ini sebenarnya sudah saya tonton 2 tahun yang lalu. Judul filmnya adalah The Smurfs (2011). Pada hari Ahad 9 Juni 2013 kemarin, ketika sedang iseng melihat tv kabel saya pun kembali diingatkan tentang film The Smurfs. Ingatan saya tentang smurf sendiri cenderung samar-samar, dikarenakan telah sekian tahun versi kartunnya dahulu menjadi tontonan saya.

Menghadirkan kartun ke dalam bentuk film yang berintikan manusia membutuhkan kecermatan dan teknologi tinggi. Boleh dibilang film The Smurfs sukses dalam menghadirkan makhluk berukuran tinggi tiga apel tersebut. Simaklah bagaimana hidup dan menyatunya para karakter-karakter smurf ketika disandingkan dengan karakter manusia yang diperankan oleh Neil Patrick Harris (sebagai Patrick Winslow) dan Jayma Mays (Grace Winslow). Bagaimana Clumpsy yang begitu kikuk, Smurfin dengan hasratnya untuk tampil cantik, papa yang berumur lebih dari 500 tahun nan bijaksana, ataupun si penggerutu yang mengeluhkan apa saja. Hitung juga Azrael si kucing dari penyihir Gargamel. Bagaimana simbiosis antara Azrael dengan Gargamel benar-benar menjadi humor yang memikat. Azrael mampu begitu hidup, meledek, bereaksi tepat terhadap kenaifan Gargamel.

smurf

Film The Smurfs juga memberikan pesan moral yang sederhana namun sarat makna. Kita diingatkan tentang arti penting keluarga. Kita diingatkan untuk jujur dan berpihak kepada hati nurani walau dikepung instanisme dan kapitalisme. Kita diingatkan untuk bersyukur akan setiap momentum-momentum “sederhana” yang kita dapatkan.

Smurf makhluk biru berjari empat mengingatkan kita untuk bergembira, mensyukuri hidup. Dan nyanyian makhluk pembawa keberuntungan itu masih menari-nari di kepala.

{fin}

Kalfa (Kaldera Fantasi) merupakan komunitas dengan titik fokus pada fiksi fantasi. Ada beberapa distrik yang kami coba jelajahi yakni: Buku-Film-Games-Japan/Anime-Komik.

Hadir juga di http://www.facebook.com/groups/kalfa

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s