Posted in Edukasi, Essai, Sosial Budaya

Budaya Membaca Buku

Berapa banyak buku yang Anda tamat membaca setiap tahunnya? Budaya membaca di negeri ini boleh dibilang belum menggeliat. Jangankan pada masyarakat luas, pada masyarakat akademik saja budaya membaca masih lemah. Ada banyak cara tentunya yang layak dicoba untuk memutus minimnya defisit budaya membaca. Saya sendiri mencoba untuk mengaktifkan internet sebagai upaya meningkatkan budaya membaca. Melalui sosial media dan blog yang saya punyai, saya mencoba untuk meningkatkan budaya membaca di Indonesia.

Cara yang saya lakukan diantaranya adalah dengan aktif memberikan “status intelektual” melalui sosial media. Saya kerap mengkutip hal menarik dari apa-apa yang saya baca. Saya harap rekan yang terkait dengan sosial media saya dapat ikut menyukai membaca. Bagaimana luasnya pengetahuan yang dapat direngkuh dari membaca. Saya juga kerap memberitahukan buku apa yang telah tamat saya baca. Hal tersebut terinspirasi dari politik etis. Dimana pelajar Indonesia dalam setahunnya diwajibkan untuk menamatkan sekian buku. Dengan memberitahukan buku yang saya tamat baca semoga tergerak sekian jiwa untuk menamatkan buku. Saya sebenarnya berhasrat untuk membentuk klub buku. Dimana salah satu poin diskusinya adalah mengulas buku-buku yang tamat dibaca.

Saya juga mencoba untuk rajin menulis via blog. Harus diakui bahwa harga buku di Indonesia tidaklah murah. Saya pikir mahalnya harga buku menunjukkan masih lemahnya concern pemerintah terhadap budaya membaca. Ada begitu banyak pajak yang dikenakan hingga buku dapat ‘disantap’ oleh konsumen. Harga buku yang lebih murah saya percaya akan meningkatkan budaya membaca. Dikarenakan akses terhadap literasi akan lebih terjangkau.

Apa yang saya tuliskan via blog sebisa mungkin merupakan rangkaian pengetahuan. Tentu saja sidang pembaca dapat membacanya secara gratis. Melalui blog, saya berharap ragam buku yang saya baca dapat tersebarkan saripatinya. Menyajikan bahan bacaan yang berkualitas bagi Anda merupakan kehormatan tersendiri bagi saya. Saya percaya dengan membaiknya budaya membaca dari negara ini maka akan membawa multiplier effect bagi majunya negeri ini. Selamat membaca dan menamatkan buku.

Author:

Suka menulis dan membaca

2 thoughts on “Budaya Membaca Buku

  1. Saya pernah membaca 58 novel terbit selama 18 tahun saya hidup. Enggak tahu berapa cerpen dan berapa cerita yang di-share teman-teman. Selain itu ya buku-buku pelajaran, tambah beberapa buku nonfiksi.

    Bagaimana dengan kalian? Berapa buku yang pernah kalian baca?

Leave a Reply

