Posted in Aku

Mematikan Ponsel, Menulis Blog, Orbit yang Berbeda

Pada hari Selasa 25 Juni 2013 saya melakukan modifikasi pada menu harian. Saya tahu pada hari itu seharusnya hari masuk kantor. Namun selepas shalat Subuh, saya yang kembali tidur untuk kemudian baru terbangun ketika waktu jam 8 pagi. Kepala saya pusing ketika itu. Tak lama kemudian bbm dari teman saya masuk (bukan kabar baik, karena malahan dengan semena-mena minta mempercepat penulisan). Saya hari itu belum membaca berbagai variabel: buku, majalah, koran, tadarus 1 juz. Saya pun memutuskan untuk membaca saja terlebih dahulu.

Untuk kemudian pening di kepala saya tak kunjung mereda sekalipun saya telah membaca dan menyesuaikan iklim. Saya pun memutuskan untuk tidak berangkat ke kantor di hari itu. Saya harus memulihkan diri. Memulihkan diri dalam artian fisik dan jiwa. Harus saya akui baik fisik dan jiwa saya agak terkuras. Saya pun memutuskan untuk rehat di rumah. Untuk kemudian menghabiskan menu bacaan saya: buku, majalah, koran, tadarus 1 juz. Saya pun sempat tidur siang (kegiatan yang langka apabila di weekdays).

Langkah berikutnya yang saya lakukan adalah memadamkan ponsel saya. Saya pun seperti mengisolasi diri dari dunia luar. Melakukan hibernasi, hiatus. Kesemuanya dengan tujuan untuk memulihkan fisik dan jiwa saya. Sampai jam 4 sore, akhirnya saya berhasil menuntaskan segala bacaan saya. Saya pun mulai pukul 4 sore mulai menulis. Kesemuanya terkait dengan proyek personal saya. Saya menulis lumayan menyenangkan hingga pukul 8. Dan dalam perjalanan waktu dari jam 4-8, saya pun seperti terisi kembali dan terpulihkan baik secara fisik dan jiwa.

Segala tulisan yang saya tuliskan untuk Blogger dan Kaldera Fantasi memberikan kenyamanan intelektual dan kepuasan moral bagi saya. Saya kembali menemukan gairah untuk menari bersama kata-kata.

Kalau boleh mengevaluasi maka tertemui tiga poin: mematikan ponsel, orbit yang berbeda, menulis aktif. Pada poin pertama yakni mematikan ponsel, saya menemukan kedamaian dan keheningan. Tiada tekanan dari teman saya via bbm (hehe..jelas saja ponselnya saya matikan), tak ada keriuhan untuk mengecek sosial media (yang ternyata meresahkan dan menyita waktu produktif saya). Saya menemukan sudut pandang baru hari itu dengan ponsel yang off. Rupanya smart phone dapat menjadi trouble dan distraksi tertentu. Saya akan membatasi diri mengecek sosial media melalui smart phone. Saya pikir dengan begitu waktu saya akan lebih produktif dan fokus. Saya juga berpikir untuk menonaktifkan ponsel saya di waktu-waktu tertentu, atau seminimalnya men-silent-kan. Saya adalah tipikal yang memerlukan keheningan, kesendirian untuk mengerjakan segala sesuatu. Dengan ponsel yang sewaktu-waktu berbunyi, maka dapat merusak ritme kinerja saya.

Pada poin kedua, mencicipi orbit yang berbeda. Saya semenjak dahulu tiada menyukai reguler yang terlampau ketat. Saya adalah pemberontak yang baik. Ketika dulu di sekolah, hal itu saya ‘bengkokkan’ dengan datang terlambat, atau menggunakan jatah absen. Saya jemu saja manusia yang sebegitu teratur dan seperti robot yang hadir dalam waktu tertentu. Untungnya kantor saya tiada terlampau ketat dalam jam kantor. Saya apabila sedang gulana, dapat melakukan bepergian kemana-mana. Saya pernah ke Bandung ketika hari kantor. Ketika itu ada acara seminar games di ITB. Yang saya incar ketika itu adalah orbit yang berbeda. Dan saya benar-benar mendapatkannya. Ketika naik busway saya berhadapan dengan orang-orang yang di pikirannya adalah pekerjaan, kantor, sedangkan saya adalah vakansi. Sesekali keluarlah dari orbit keseharian. Temui realitas lainnya. Temui perspektif lainnya. Hidup ini luas sebenarnya, hanya saja kita sendiri yang kerap berkutat dalam tempurung yang itu-itu saja.

Poin ketiga yakni menulis secara aktif. Pada beberapa hari sebelumnya saya me-list judul-judul tulisan baik terkait dengan Blogger dan Kaldera Fantasi. Terdapat total 180 judul teruntuk Blogger dan 120 judul teruntuk Kaldera Fantasi. Saya pun bersyukur dan tersadarkan bahwa saya telah menghasilkan begitu banyak tulisan. Memang tiada semua judul itu telah rampung menjadi tulisan. Namun tetap saja jika diakumulasi begitu banyak tulisan yang saya peruntukkan untuk menghidupkan blog saya. Saya seperti mendapatkan energi baru untuk menuntaskan tulisan yang belum usai dan bergiat dengan blog saya. Bagi saya blog saya adalah taman intelektual yang menyenangkan. Seseorang pernah berkata bahwa tulisan saya di blog bagus-bagus, memiliki karakter yang khas. Dia lebih suka dengan tulisan saya di blog dibandingkan tulisan untuk pekerjaan formal saya. Mungkin itulah dimensi lain dari penulisan. Bahwa tiada semuanya terkonversi menjadi rupiah. Saya menuliskan di blog dengan semangat untuk men-share ilmu. Saya pun bebas mengkreasi menyempurnakan tulisan saya. Saya bertanggung jawab penuh dari hulu-hilir terkait tulisan di blog saya. Dan saya senang ada apresiasi tertentu terhadap apa yang saya produksi.

Saya cukupkan dulu tulisan kali ini. Senang berbagi aksara dengan Anda. Semoga hari Anda berwarna dan produktif adanya.

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

