Posted in Essai, Politik

Karena Politik Adalah Seni

Dalam proses pra-Konvensi, Gita Wirjawan “mencuri telinga” para wartawan dan orang-orang yang berada di Wisma Kodel. Gita Wirjawan dengan piawai bermain piano. Denting melodi yang dimainkan oleh Gita yakni lagu berjudul “Padamu Negeri”.

Bagi pecinta musik terutama jazz, Gita bukanlah orang baru. Gita mendirikan rumah produksi musik bernama Omega Pacific Production. Album-album yang diluncurkan lebih banyak bercorak jazz. Ia memproduksi album jazz bagi pianis Nial Djuliarso, grup jazz Cherokee, dan Bali Lounge I dengan vokalis Tompi. Beberapa lagu dalam album-album tersebut ditulis oleh Gita Wirjawan sendiri atau diaransemen oleh beliau. Selain memproduksi album jazz, Gita mengeluarkan album pop, seperti Tompi, Bali Lounge II, dan album Dewi Lestari.

Bagi Gita yang ikut dalam Konvensi Demokrat, kegemarannya bermusik merupakan salah satu upaya untuk menggaet massa pemilih dari kalangan muda.

Kemampuan Gita Wirjawan secara musikalitas tentu mengingatkan dengan sosok SBY. Susilo Bambang Yudhoyono sendiri telah merilis 4 album musik, dimana SBY bertindak sebagai pencipta lagunya. Bagi SBY hobi menggubah lagu merupakan escape dirinya satu-satunya sebagai Presiden. Menggubah lagu merupakan upaya menjaga keseimbangan dalam jiwa dan pikirannya. Menggubah lagu bagi SBY merupakan ‘stress release’. Upaya menghilangkan stress ini tentu akan berdampak baik bagi kejernihan pikiran, dan bagi pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Kepiawaian bermain musik dalam skala politik internasional juga dimiliki oleh mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton. Bill Clinton pandai memainkan saxopone. Politik sejatinya memang jangan hanya dimaknai sebagai saling terkam menerkam, semangat rivalitas. Jangan lupa bahwa politik adalah seni (art).

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s