Posted in Essai, Fiksi Fantasi, Sosial Budaya

Cangkang Rutinitas

Seberapa seringkah Anda terkungkung dalam durasi waktu yang lama? Semenjak sekolah, lalu kuliah, dan kini bekerja, bagaimana terdapat durasi waktu pengekangan. Ketika sekolah terdapat keharusan masuk jam sekian hingga pulang jam sekian. Ketika kuliah juga terdapat mata kuliah yang harus diikuti pada jam-jam tertentu. Ketika bekerja, maka terdapat jam kantor yang membentang.

Harus diakui durasi metode rutin itu dapat menumpulkan kreativitas dan membuat Anda seolah tidak memiliki alternatif lainnya. Dahulu ketika masa sekolah, saya pernah tidak masuk sekolah untuk mencicipi orbit lainnya. Pun begitu ketika kuliah, saya memaksimalkan jatah bolos maksimal (hehe..). Ketika kini bekerja di lingkup kantor pun, saya terkadang menghilang dari peredaran kantor. Pernah suatu hari, saya cabut ke Bandung untuk mengikuti satu event yang bertemakan kreativitas. Sebenarnya saya lebih mengincar untuk merasakan perjalanan dan mencicipi orbit lainnya.

Karena saya percaya kita adalah manusia bukan robot. Maka segala order, tatanan itu dapat membuat kita lama-lama menjadi seperti mesin. Yang kaku, yang membosankan, yang menjemukan, yang kehilangan daya kreativitas. Maka “bandellah” sekali-kali. Jika masih sekolah, sekali-kalilah membolos. Jika masih kuliah, sekali-kalilah membolos. Jika bekerja, sekali-kalilah tidak usah masuk kantor. Tesis utamanya adalah untuk melihat alternatif lainnya. Anda akan melihat realitas yang selama ini terlewat. Anda akan menemukan ritme yang berbeda.

Simak apa yang dikatakan Yoris Sebastian (praktisi kreatif) mengenai break your routine (Yoris Sebastian, 101 Creative Notes, hlm. 11):

Salah satu cara yang simpel untuk menjadi lebih kreatif adalah mulai melawan rutinitas. Yup, rutinitas adalah salah satu penghambat kreativitas. Bukankah pada dasarnya kreativitas adalah sesuatu yang berbeda. Bagaimana kita mau melakukan sesuatu yang beda kalau sudah terlalu terbiasa dengan berbagai rutinitas.

Sejak mendirikan OMG Consulting, saya sudah tidak rutin lagi ke kantor. Saya bekerja di tempat-tempat yang berbeda. Tentunya ini adalah keuntungan saya sebagai owner dari perusahaan.

Tentunya pada beberapa orang apa yang dilakukan oleh Yoris terlampau ekstrem (tidak rutin lagi ke kantor. Anda dapat dipecat jika melakukannya apabila kantor Anda disiplin keras dalam absensi kehadiran), maka simaklah saran kreatif lainnya dari Yoris perihal change how you do your routine (Yoris Sebastian, 101 Creative Notes, hlm. 12):

Tidak semua orang seberuntung saya. Seringkali kita tidak bisa mengubah rutinitas kita. Ada yang harus kerja di kantor 9 to 5, ada yang harus kuliah, dan masih banyak lagi rutinitas yang wajib kita lakukan. Tapi kita bisa mengubah cara kita menjalankan rutinitas tersebut.

Di buku Creative Junkies, saya pernah kasih contoh mengubah posisi jam tangan. Di buku 101 Creative Notes ini saya kasih contoh lain lagi. Mengubah posisi handphone kita. Yang biasa menyimpan handphone di saku kanan kantung celana, coba deh dipindahkan ke kantung sebelah kiri. Begitu pula sebaliknya. Sehingga pada saat handphone berbunyi, kebiasaan kita otomatis berlawanan arah.

Cara ini setidaknya membiasakan kita untuk tidak biasa. Sehingga saat kita ingin melakukan sesuatu yang kreatif alias tidak biasa, kita tidak terlalu susah lagi.

Saya cukupkan esai saya kali ini. Saya harap selepas membaca esai ini, Anda berani untuk keluar dari cangkang rutinitas. Mari melihat dunia dengan mencicipi orbit lainnya.

{fin}

Kalfa (Kaldera Fantasi) merupakan komunitas dengan titik fokus pada fiksi fantasi. Ada beberapa distrik yang kami coba jelajahi yakni: Buku-Film-Games-Japan/Anime-Komik.

Hadir juga di http://www.facebook.com/groups/kalfa

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

