Posted in Aku, Essai, Sosial Budaya

Gravitasi Ingatan

Kita punya jalan sukses masing-masing. Hidup memang dipenuhi hal yang tidak pasti, tapi perpindahan adalah sesuatu yang pasti. -DM

Benar adanya perpindahan adalah sesuatu yang pasti. Kita sesungguhnya mengalami perpindahan baik sadar ataupun tidak sadar. Banyak ketidakabadian yang sesungguhnya telah kita alami. Dalam perpindahan itu kita mengalami equilibrium yang baru. Kita beradaptasi. Menyesuaikan dengan “suhu yang baru”. Kenangan tentu sekali-kali mampir, namun hidup harus terus berjalan. Kita hidup dalam kekinian, tiada dapat terus hidup dalam lembah kenangan. Mereka yang melihat terlampau kerap dalam kenangan dapat terjebak dalam jebakan nostalgia.

Jalan sukses masing-masing itulah kiranya yang membuat perpindahan terjadi. Ada yang harus berpindah untuk memburu mimpi dan harapannya. Ada yang masih di suatu tempat untuk meningkatkan performa dan mencapai cita-citanya. Masing-masing dari kita punya mimpi, masing-masing dari kita dapat bertemu dalam satu fragmen waktu, lalu menemui bifurkasinya masing-masing.

Jalan sukses adalah misteri tersendiri. Terkadang ia datang dari masa lalu yang kembali bertemu pada masa mendatang. Yang harus dilakukan adalah fokus untuk memberi kebaikan pada masa kekinian.

Hidup memang dipenuhi hal yang tidak pasti. Kita dihadapkan pada sejumlah tantangan-tantangan pada setiap fase hidupnya. Yang harus kita lakukan adalah bertahan, survive, beradaptasi. Mungkin kita harus mempelajari ragam keahlian baru. Mungkin kita harus meningkatkan keahlian yang dimiliki. Mungkin kita harus membuat aliansi baru. Banyak hal kiranya yang dapat dimanajemeni terkait ketidakpastian.

Kemanapun seseorang itu pergi, tentunya ada jejak-jejak yang ditinggalkannya. Gravitasi ingatan yang terkait dengan dirinya. Semoga adalah gravitasi ingatan kebaikan yang menjadi dominasi utama dalam jejak yang ditinggalkan.

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s