Posted in Buku, Ekonomi, Essai, Politik, Resensi Buku

Indonesia Sejahtera is Very Simple

Judul Buku: Membangun Indonesia Sejahtera: Langkah Nyata Menuju Visi Indonesia 2020
Penulis: Agun Gunandjar Sudarsa
Penerbit: Rakyat Merdeka Books
Cetakan: 2013
Tebal: 278 halaman + X

Membangun Indonesia Sejahtera

Buku yang baik selalu datang dengan membawa gagasan-gagasan orisinil, begitulah kiranya yang pantas disematkan kepada buku yang berjudul “Membangun Indonesia Sejahtera: Langkah Nyata Menuju Visi Indonesia 2020” ini. Buku yang lahir dari seorang politisi sekaligus pemikir Agun Gunandjar Sudarsa ini, memang dipenuhi dengan gagasan-gagasan brilian dan orisinil untuk mewujudkan impian besar kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu mencapai kesejahteraan sebagaimana yang tercantum di dalam Visi Indonesia 2020 dan amanat konstitusi UUD 1945.

Untuk mewujudkan Indonesia sejahtera seperti yang diharapkan Visi Indonesia 2020 itu sendiri pada dasarnya merupakan hal yang sederhana. Hanya diperlukan political will pemerintah untuk mengubah struktur anggaran menuju bentuk piramida. Selama ini politik anggaran faktanya berbentuk piramida terbalik. Hal tersebut mengakibatkan pemerintah gagal melakukan distribusi kesejahteraan ke daerah. Kesejahteraan yang tidak terdistribusi dengan baik pada akhirnya berakibat pada sejumlah tindak korupsi, seperti terjadinya praktik mafia anggaran untuk menyalurkan anggaran ke daerah.

Politik anggaran seperti itu sebenarnya tidak sehat bagi pembangunan bangsa yang berkeadilan antara pusat dan daerah. Maka tidak heran jika terjadinya ketimpangan anggaran untuk pusat dan daerah itu terus menghasilkan pemerintahan yang bergaya Jakarta sentris. Silahkan cek hotel-hotel di Jakarta yang penuh dengan kegiatan para Gubernur, Bupati, Walikota, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, sehingga DAU yang seharusnya diedarkan di daerah, malah kembali lagi beredar di Jakarta. Karena bimbingan teknis Kementerian semua di Jakarta, tender proyek semua di Jakarta, pengadaan komoditi semua di Jakarta, maka semua pengusaha berangkat ke Jakarta. “Gula-gulanya” sebagian besar berada di Jakarta.

Indonesia semestinya menerapkan politik anggaran berbentuk piramida. Dengan demikian maka pusat hanya melakukan supervisi, pengarahan dan pengawasan mengenai tata kelola pemerintahan. Hal itu untuk menegaskan prinsip structure follow function dan money follow function yang sebenarnya sudah mendapatkan payung hukum dalam Undang-Undang No.39 tahun 2008. Prinsip ini sesungguhnya yang efektif untuk otonomi daerah, dimana rakyat secara langsung dilayani oleh perangkat pemerintahannya di daerah. Sehingga mereka mampu memenuhi kebutuhan rakyat di wilayahnya seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan sebagainya.

Untuk menuju Indonesia sejahtera, langkah nyata mewujudkannya ialah dengan pembangunan sistem politik yang kuat. Demokrasi dengan demikian mesti kompatibel dengan sistem presidensial yang dianut negara Indonesia yang meletakkan kedaulatan berada di tangan rakyat. Sistem presidensial memang mengharuskan adanya sifat pemerintahan yang powerfull (kuat) dan tak bisa diberhentikan oleh parlemen. Dengan sistem politik yang kuat diharapkan pemerintahan berjalan efektif dalam menjalankan kebijakan-kebijakannya.

Indonesia sejahtera juga dapat terealisasi dengan mewujudkan konsep manajemen pemerintahan yang modern melalui pelaksanaan prinsip-prinsip good governance seperti efisien, efektif, akuntabel, dan transparan. Pembangunan ekonomi yang dilakukan oleh negeri ini semestinya bermuara pada sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Sejumlah kemajuan positif yang sudah terlihat dalam perjalanan bangsa ini di era reformasi seperti pembangunan politik serta pertumbuhan ekonomi sudah seharusnya membuat kita optimis bahwa sebenarnya masa depan bangsa ini bisa menjadi cerah. Untuk itu kita harus terus optimis bahwa di era reformasi ini, mewujudkan Indonesia sejahtera itu tidak sulit bahkan bisa dibilang sangat mudah. Bisa sangat mudah apabila kita konsisten menjalankan salah satu amanat reformasi yang terdapat pada TAP MPR No VII Tahun 2001 tentang Visi Indonesia Sejahtera 2020 yaitu Indonesia yang religius, manusiawi, bersatu, demokratis, adil, makmur dan mandiri.

Penulis buku ini (Agun Gunandjar Sudarsa) percaya bahwa hari-hari ini perjalanan bangsa ini telah on the right track menuju Indonesia sejahtera. Pemantapan sistem dalam kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan kuncinya.

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s