Posted in Aku, Essai, Sosial Budaya

Sejumlah Proyek Personal

Berjibaku sehari-hari dengan kata ternyata tidak otomatis merampungkan saya dalam menyelesaikan sejumlah proyek personal terkait fantasi. Ya kalau mau berapologi akan ada-ada saja alasan: mulai dari kesibukan pekerjaan yang mengharuskan saya untuk menulis, keinginan untuk menulis karya yang sesempurna mungkin, manajemen waktu yang belum baik, dan rentetan apologi lainnya. Atau terkadang kita terjebak dengan alasan dan apologi yang kita buat sendiri.

Saya kerap menjumpai orang-orang yang seakan begitu sibuk dan tak punya waktu untuk macam-macam. Mungkin sebenarnya mereka terjebak dengan alasan dan apologi mereka sendiri. Waktu sebenarnya dapat disempat-sempatkan dan “dipaksakan” untuk mengerjakan ragam hal. Pertanyaan besarnya maukah kita menggunakan slot waktu untuk mengerjakan ragam hal tersebut.

Itulah kiranya yang membuat saya untuk kembali harus menulis segala proyek personal. Baik itu untuk kepentingan blog, kaldera fantasi, cerpen, novel, puisi. Saya merasa benar-benar haus untuk mengerjakan proyek personal. Saya merasa ada panggilan jiwa yang harus saya tuntaskan. Jika saya mengikuti terus menerus tuntutan menulis di pekerjaan formal maka proyek personal akan sama sekali tidak kebagian. Oleh karena itu saya harus “memaksakan” diri untuk mengerjakan proyek personal setiap harinya. Menulis proyek personal akan membuat saya tetap sehat baik secara pemikiran dan ranah aktualisasi diri.

Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah sebegitunya terbelenggu dalam keseharian? Bahkan weekend pun habis untuk mengerjakan pekerjaan formal? Saya pikir Anda harus memberikan pikiran dan tubuh Anda me time. Anda juga harus memberikan porsi bagi segala keinginan personal yang belum tercapai. Menjadi hard worker memang bagus, namun segala sesuatu ada limitnya. Toh dengan mengerjakan proyek personal juga merupakan serangkaian aktivitas positif. Kuncinya adalah tiada hari tanpa aktivitas. Tentunya aktivitas yang sifatnya positif.

Author:

Suka menulis dan membaca

2 thoughts on “Sejumlah Proyek Personal

Leave a Reply

