Posted in Aku, Essai

Perpisahan dan Abang Sam

Pada tanggal 5 Februari 2014 mendatang insya Allah saya akan menghadapi bifurkasi lainnya. Bifurkasi lainnya adalah ibu saya akan kembali ke negeri Abang Sam. Ternyata green card yang dimiliki oleh ibu saya memiliki konsekuensi logis. Konsekuensi logisnya adalah ibu saya berada di Indonesia tiada boleh lebih dari satu tahun. Jika tinggal di Indonesia lebih dari satu tahun, maka green card yang dipegangnya dapat bermasalah secara administrasi.

Bagian dari kehidupan adalah perpisahan. Tiada peduli seberapa kuat, besar, dan cintanya kepada seseorang, perpisahan adalah sebuah kepastian. Itulah kiranya hakikat dari kehidupan di dunia yang fana ini. Tentunya keberangkatan ibu saya ke Amerika Serikat akan disambut dengan gembira oleh keluarga di sana. Ketrampilannya dalam meracik masakan akan membuat nyaman perut keluarga saya yang di Amerika. Ditambah lagi kakak saya, akan mendapatkan tambahan orang yang turut membantu dalam mengasuh 2 keponakan saya yang lumayan rusuh hehe..

Hal positif lainnya yang didapati ibu saya ketika nanti ke Amerika Serikat yakni kemahirannya memasak akan terkonversi menjadi dolar. Jeddah kitchen (Dapur GrandMa) yang sempat vakum akan kembali “menghangat”. Ibu saya sudah mewanti-wanti bahwa uang hasil jerihnya disana akan digunakannya untuk umrah ke Tanah Suci. Berada di negeri Abang Sam memang memungkinkan kuliner racikan ibu saya mendapatkan lidah yang lebih luas. Bukan sekadar dari warga Indonesia yang tinggal di sana, tetapi juga masyarakat Amerika secara lebih luas.

Perpisahan memang tiada harus menjadi kesedihan berlarut. Masing-masing dari diri yang berpisah dapat menemukan kemandirian dan ruang aktualisasinya tersendiri. Meski secara fisik dipisahkan jarak dan waktu, akan selalu ada kata remember dan gravitasi.

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

