Posted in Aku, Essai

Blog Saya

Hulu dari semuanya adalah keinginan berbagi. Lalu passion, kompetensi yang saya miliki adalah menulis. Selain itu perkembangan teknologi memungkinkan terjadinya persebaran ide. Secara resmi mulai tanggal 26 November 2010 saya memulai pelayaran pengembaraan di dunia blog. Tentunya setelah mengalami sekian purnama, ada ragam emosi, pemikiran yang mewarnai. Saya bersyukur hingga saat ini masih aktif menurunkan tulisan dan menjaga pertalian pemikiran dengan sidang pembaca sekalian.

Kenapa gerangan nama dari blog ini https://ardova.wordpress.com/? Mengapa saya memilih nama ardova? Nama tersebut merupakan nama tokoh protagonis utama dalam novel yang saya rencanakan. Wow ternyata sampai saat ini, novel saya itu telah sekian lama “terkubur”. Tentunya saya berharap pada tahun 2014 ini saya dapat mengaktifkan kembali panel menulis cerpen dan novel.

Saya juga bersyukur hingga terhitung tanggal 26 Februari 2014 terdapat 29 followers yang mengikuti blog saya ini. Tentunya 29 followers tersebut akan dikirimkan informasi ke email-nya apabila saya menurunkan tulisan baru. Dari segi followers, saya mengucapkan salam persahabatan dan terima kasih. Terima kasih telah mengikuti blog saya. Semoga ragam tulisan yang saya hasilkan bermanfaat adanya.

manga 2

Berbicara tentang followers, saya teringat dengan saran seorang sahabat yang juga followers dari blog saya. Ia menanyakan mengenai saya yang kadang mem-posting beberapa tulisan sekaligus dalam satu hari. Itu membuat inbox-nya berderet dengan tulisan terbaru saya. Tentunya saran dari sobat itu saya tampung. Namun sebenarnya ada sebab mengapa saya mem-posting sekaligus. Sebab pertama adalah praktis dalam satu waktu. Ibaratnya pekerjaan yang harus diselesaikan, maka dalam satu termin waktu, saya dapat menyelesaikannya. Dan biasanya tulisan terbaru itu saya share ke sosial media dengan termin 1 hari 1 tulisan (pada hari kerja).

Alasan kedua adalah saya belum dapat stabil untuk menghasilkan tulisan dalam termin waktu tertentu. Hal ini pernah dipertanyakan oleh sahabat saya. Bahwa saya kerap mem-posting tulisan banyak, lalu butuh waktu beberapa lama lagi, barulah muncul tulisan baru. Ini adalah masukan berharga bagi saya untuk menjaga konsistensi dan kemampuan menelurkan tulisan. Dalam alasan kedua, maka sesungguhnya berbicara tentang stamina menulis. Saya harus konsisten untuk terus menerus berkarya. Dan saya sedang belajar untuk mencapai konsistensi tersebut. Jika dikalkulasi secara matematik, maka dari Senin-Jumat terdapat 5 tulisan yang saya bagi ke sosial media (ini merupakan target pribadi dari saya). Dengan demikian untuk menjaga pasokan tulisan itu, maka saya mentargetkan 5 tulisan baru setiap minggunya telah siap hidang. Menghadirkan tulisan baru yang siap hidang menurut hemat saya membutuhkan waktu dan stamina intelektual. Ada edit, revisi yang membutuhkan kesabaran dan pencarian bahan serta referensi.

watchover voodoo doll

Secara panjang halaman dalam satu postingan, saya berusaha dalam rentang 2-3 halaman standar pengetikan di microsoft word. Pertimbangannya adalah jika terlalu panjang, maka akan melelahkan pembaca dalam membaca. Dan jika terlalu pendek, maka tulisan saya sekadar kudapan selintasan saja. Saya tiada dapat untuk mengeksplorasi apa yang ingin saya sampaikan. Apabila tema yang saya kupas memerlukan jumlah halaman yang lebih banyak, maka akan saya pecah menjadi beberapa bagian.

Hal lainnya adalah terkait kombinasi antara tulisan dan gambar. Saya mendapatkan masukan dari rekan untuk memperbaiki dari sisi gambar. Saran dari rekan saya itu akan coba saya terapkan. Dimana saya tiada akan terlampau berpadat-padat dalam aksara. Saya akan menyelinginya dengan gambar. Hal ini akan memperindah secara artistik dan membuat mata pembaca tiada terlampau lelah. Dengan kombinasi antara tulisan dan gambar yang sinkron, saya berharap membuat sidang pembaca dapat lebih enjoy dalam menikmati hidangan tulisan saya. Penampilan visual penting adanya.

Saya akui secara visual setelah teman saya memberikan saran tersebut, maka saya menelusuri blog miliknya yang banyak menampilkan ulasan tentang game. Secara visual memang menjadi lebih nyaman dan artistiknya mengena. Kemudian ketika saya berkunjung ke bbc.co.uk ternyata kombinasi tulisan dan visual juga terdapati. Berkebulatan hatilah saya untuk menerapkannya.

Hal berikutnya yang terkait dengan blog saya adalah isu kontemporer dan antisipasi isu. Saya akan berusaha untuk lebih menyesuaikan tulisan dengan kondisi kekinian. Di samping itu adalah menurunkan tulisan terkait dengan event-event tertentu. Dengan begitu ada kehangatan dan menyelaraskan tulisan di blog saya dengan orbit yang berada di arus utama pemberitaan. Bukan berarti saya akan terhanyut dengan apa yang diberitakan oleh mainstream ataupun menjadi epigon dan ikut-ikutan belaka. Namun saya berusaha untuk lebih menghadirkan aktualitas dalam karya di blog saya.

Saya cukupkan dulu kali ini. Semangat membaca dan tetap asah penamu.

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

