Posted in Aku, Maciyo

12 Oktober 2016

Layar televisi ketika saya membuka bidak kata penulisan adalah film ‘Dragonball: Evolution’. Tentu film tersebut berantakan dan kacau adanya. Namun, film itu memantik memori saya pada kata ‘Dragonball’. Di Januari 2016, istri saya (Dede Indrawati) pernah bertanya, “Kalau kamu punya Dragonball mau digunakan untuk apa?” Tanpa pikir panjang saya pun menjawab, “Saya mau minta kamu sembuh.”

Asa itu memang tidak sejalan dengan kenyataan pada akhirnya. Januari 2016 kondisi istri saya, Dede Indrawati memang semakin terasakan sakitnya. Dan ketetapan Allah SWT mentakdirkan 13 Maret 2016 sebagai perpisahan di dunia ini. Istri saya meninggal muda. Umurnya baru 25 tahun ketika itu.

Saya teringat dengan perbincangan di masa lalu. Saya dan Dede sama-sama tahu, kanker usus stadium IIIB merupakan sesuatu yang serius. Kami benar-benar memaknai waktu kebersamaan kami. Dan saya pun terpagut pada kalimat Achilles berikut:

The Gods envy us. They envy us because we’re mortal, because any moment might be our last. Everything is more beautiful because we’re doomed. You will never be lovelier than you are now. We will never be here again. 

Di perbincangan masa lalu tersebut, istri saya pernah membayangkan jika dirinya meninggal lebih dulu, akankah saya menuliskan banyak hal tentangnya?

Meski secara legal formal pekerjaan saya adalah wartawan, namun untuk menulis hal tersebut membutuhkan jarak dan jeda waktu. Ada banyak perasaan yang bertumpuk setelah istri saya meninggal. Saya butuh waktu untuk menertibkan pikiran, menata emosi, serta mengatur ritme hidup lagi.

Seperti layaknya tulisan sejarah, saya pun harus menggali segala arsip. Baik itu yang sifatnya digital, tulisan tangan, ataupun yang tersimpan di ingatan dan menghangat di perasaan. Maka di 12 Oktober 2016 ini, saya pun bertekad untuk memulai kisah itu. Saya percaya dari Dede Indrawati banyak hal yang bisa diteladani dan dipelajari.

12 Oktober 1990, istri saya, Dede Indrawati terlahir di dunia. Saya berterima kasih di antara milyaran manusia, dapat menemukannya sebagai pasangan hidup.

12 Oktober 2016, saya akan mencoba memulai kisah tentang Dede Indrawati dari sudut pandang saya.

Author:

Suka menulis dan membaca

2 thoughts on “12 Oktober 2016

Leave a Reply

