Posted in Aku, Esai, Jalan-Jalan

Menulis Membawa Saya Berkunjung ke Sejumlah Daerah

DSC_0159

Agustus 2015 ketika itu saya sedang meliput event Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Palembang, Sumatera Selatan. Sebagai pemateri dalam pembekalan peserta FLS2N tingkat SMP yakni Ahmad Fuadi penulis buku best seller ‘Negeri 5 Menara’. Salah satu perkataan dari Ahmad Fuadi yang berkesan adalah menulis membawanya jalan-jalan ke berbagai negara dan berbagai daerah.

Kalimat tersebut saat itu masuk dan mencantel saja di ingatan. Untuk kemudian saya baru menemukan relevansi kalimat itu di penggalan waktu kemudian. Ya, sebelumnya ketika masih bekerja sebagai ghost writer dan editor, ‘jalan-jalan’ ke sejumlah tempat pun saya lakoni. Saya bertemu dengan beberapa orang politikus baik itu di gedung parlemen ataupun di rumahnya. Banyak kenangan dan pengalaman yang saya dapatkan kala itu. Mulai dari cerita off the record hingga terkagumkan dengan lukisan karya Raden Saleh di rumah salah seorang politikus.

Lalu ketika saya menjadi jurnalis, kesempatan untuk berkunjung ke sejumlah daerah di Indonesia saya dapatkan. Kantor tempat saya bekerja istilah kerennya menjadi media partner dari pemberitaan di Direktorat Pembinaan SMP dan Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus. Irisannya bertemu dengan entitas pendidikan baik itu di jajaran SMP dan Anak Berkebutuhan Khusus.

IMG_0685

Dengan bekal kemampuan menulis, saya pun meliput berbagai event yang buat saya worth banget dan membangkitkan optimisme. Ada event Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), FLS2N, Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN), Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN), Festival dan Lomba Literasi PKLK, dan lain sebagainya.

Berbagai kota pun saya kunjungi sebagai konsekuensi logis liputan ragam event tersebut antara lain Palembang, Medan, Pekanbaru, Bali, Jakarta. Saya pun menyelami tekstur sebuah kota, dan merasakan langsung Indonesia.

Menyenangkan, melakukan sesuatu yang saya gemari: menulis. Ditambah lagi bertemu dengan anak-anak bangsa dengan segala keunikannya. Menelusuri daerah di Indonesia yang memiliki pola tersendiri. Ya, menulis telah membawa saya ke berbagai kesempatan dan pertemuan. Bagaimana dengan Anda?

Advertisements

Author:

Suka menulis dan membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s